Langsung ke konten utama

Analisis keadaan sekitar Intangible dan keterkaitannya pada persepsi warna

 Yup, Tangible adalah singkat nya sesuatu yang berwujud atau sesuatu yang bisa di raba dan dirasakan secara real atau disentuh. Dalam kata tangible ini bersasal dari yaitu kata tangere yang berarti menyentuh, atau meraba. Kata ini memiliki arti yang berbeda-beda, namun dalam konteks Bahasa Visual, tangible adalah benda atau tanda wujud yang berbentuk kongret atau nyata, bisa dirasakan oleh inderawi.

Kemudian Intangible adalah bentuk kebalikannya, sesuatu yang tidak memiliki wujud atau fisik dan nilainya sering sulit untuk diukur pada suatu pengukuran.

Kemudian dalam hal ini Tangible dan Intangible didalam Bahasa Visual adalah segala sesuatu persepsi dari sebuah bentuk karya atau produk yang beruwujud atau bisa dirasakan dan tidak berwujud atau tidak dirasakan pada setiap penyusunnya.


ANALISA 1

Spanduk Iklan Burger Geber

Iklan Spanduk Burger Geber


Pada iklan Burger Jeger ini, menampilkan tampilan visual typografi kata Rasa Jeger, ini memvisualisasikan bentuk Intangible dari sebuah rasa yang mungkin bermaksud menarik minat audiens atau calon pembeli untuk membelinya dengan menwarnakan tampilan potongan burger yang ada dalam spanduk tersebut setengah atau di extreme Close up dan menampilkan detail dari daging burgernya. Rasa Jeger ini visualisasi dari kebiasaan masyarakat dalam menggunakan kata Jeger untuk menggambarkan suatu hal yang wah,besar,spesial, atau bahkan sebuah Rasa, yang mana tidak bisa digambarkan, yang tentunya tujuannya umtuk memberi kesan positif. Dan Burger Geber ini merupakan produk dari Jiwa Group. Kemudian pada warna merah dasar background dari spanduk tersebut merupakan elemen dari visual Brand Burger Geber.


ANALISA 2 

Spanduk Board Toko Legit Group


Pada gambar tersebut terdapat kata intangible dari "Martabak Bandung" yang merupakan ciri khasnya dari Legit Grup, ya bisa kita lihat bahwa hal yang ingin disampaikan oleh Legit Group melalui Intangible Martabak Bandung, bahwa mereka berasal dari Bandung, akan tetapi berjualan di Berbagai daerah sehingga menjadi ciri khasnya tersendiri, namun kita bisa mempersepsikan kalau martabak biasa dan Martabak Bandung atau produk dari legit Group ini bagi sebagian orang tidak ada bedanya, namun bagi sebagian orang ada bedanya dari segi rasa atau tampilannya, sehingga ini merupakan Intangible nya. Dan dari warna kemudian typografi nya mencirikan dari identitas dari Brand mereka yaitu warna biru, merah, dan kuning.


ANALISA 3 

Mural Iklan Dari Telkomsel Flash


Pada Mural tersebut bisa dilihat pada bagian typografi yaitu "Koneksi internet tercepat". Jika dianalisis ini merupakan sisipan dari bentuk Intangible yang didalamnya ingin meyakinkan bahwa produk mereka itu merupakan dan memiliki kecepatan dalam berselancar di Internet, namun ini tergantung berdasarkan persepsi karna tidak dapat ada ukuran yang pas ketika produk mereka dipakai didaerah tertentu atau daerah terpencil yang mungkin tidak akan sesuai dengan apa yang mereka sampaikan pada produknya, namun bisa juga menjadi cepat didaerah tertentu. Kemudian dari persepsi warna yang dominan warna merah ini pada background dasar mural ini, adalah sebuah elemen brand indentitas dari Telkomsel sendiri yang memiliki warna identitas merah. 


ANALISA 4

Packaging Momogi

Packaging momogi juga menyisipkan Intangible, bisa kita lihat pada kata " Pasti Mow Mow Lagi", yang ini merupana representasi dari siapa saja yang memakan ini akan mau lagi, atau akan mencoba lagi, namun ini lagi-lagi adalah sebuah Intangible yang disisipkan untuk menimbulkan persepsi pada pembeli untuk membeli terus menerus atau continue, dan ini meruapakan sebuah manfaat dari Intangible dengan menimbulkan persepsi perasaan atau persepsi untuk menignkatkan daya belinya. Lalu pada warna nya ini produk Momogi ini cenderung dominan berawarna Kuning keemasan, yang mana ini merupakan citra visual dari representasi bentuk Jagung ketika dibakar ini merupakan representasi dari visualsisasai Rasa yang terdapat pada di produknya.


ANALISA 5 

Spanduk Iklan  Percetakan 


Pada visual spanduk dari iklan sebuah percetakan, ini menampilkan Intangible dari Cetak cepat, 
pada hal ini merupakan representasi dari apa yang ingin di sampaikan oleh mereka, kalau cetak spanduk dimereka memiliki keungggulan cepat, namun ini merupakan Intangible yang sengaja diberikan untuk memberikan kesan baik dan untuk meningkatkan sales penjualan mereka, karena hal itu mungkin tidak bisa terjadi dan mungkin bisa terjadi artinya tidak konsisten atau berkala akan selalu cepat dalam memberikan pelayanan cetaknya, bisa saja ketika ada kendala pada mesin cetak mereka sedang bermasalah dan itu akan tidak menjadi jadi cepat lagi, atau bisa juga kendala ketika jumlah cetakan mereka overload atau terlalu banyak, yang tentunya ini akan memberikan efek menjadi delay atau lambat. Dan visual warna yang diberikan cenderung tidak konsisten dalam hal pemilihan warna untuk spanduk tersebut, atau mungkin maksud owner ingin lebih terlihat cerah atau mencolok diantara toko-toko lainnya.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sensasi Spontan dari Karya Visual "Sabung Ayam by Affandi"

10 Famous Indonesian Artists You Should Know - Indoindians.com Karya yang saya kagumi dan masih sering diingat adalah karya dari Affandi, seorang pelukis atau lebih dikenal dengan Maestro Seni Lukis Indonesia. Affandi adalah pelukis dengan ciri khasnya tersendiri dengan gaya ekspresionis dan romanitsme nya yang khas. Banyak karya-karya beliau yang sangat terkenal bahkan tidak asing jika kita melihatnya. Salah satunya adalah karya ini, yap benar ini adalah karya sang Maestro ekspresionis Affandi yang diberi nama Sabung Ayam. Langsung saja ke pengantar pembahasan dari apa yang akan saya bahas yaitu Karya lukisan Affandi yang diberi nama Sabung Ayam. Sensasi Sensasi menurut pandangan saya, adalah hal atau kondisi yang dirasakan oleh panca indera yang dihasilkan oleh sesuatu  kemudian direspon oleh panca indera, yang tentunya sensasi setiap orang berbeda-beda responnya. Dan hubungan sensasi saya dengan karya Sabung Ayam ini adalah pandangan yang penasaran yang dihasilkan oleh indera pe...

Presepsi Sosial tentang UMKM Mie Ayam Mini

Presepsi Sosial tentang UMKM Mie Ayam Mini Mie Ayam Mini ini adalah  salah satu UMKM yang baru berkembang dan ingin bertransformasi menjadi lebih baik dengan identitas visual yang baru tentunya dengan mencitrakan dari produk dan identitas usahanya. Untuk target audiens mereka lebih menyasar kepada kalangan pelajar dan anak remaja karena point of selling dari usaha Mie ayam mini ini adalah pada harga yang sangat terjangkau dan porsi yang tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit, Dan pada Semester 4 kemarin, saya Bersama tim dipercaya untuk melakukan transfirnasi Branding Logo Mie Ayam Mini, yang sebelumnya hanya teks saja menjadi merambah pada branding identitas visual nya sesuai dengan identitas dan karakter atau ciri khas dari Mie Ayam Mini ini. Branding Logo Mie Ayam Mini Prinsip Presepsi Sosial Adalah konsep psikologis yang menjelaskan bagaimana individu menghasilkan pemahaman dan makna tentang dunia sosial di sekitarnya. Presepsi sosial mencakup proses pengumpulan, interp...